Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Bantuan Kemanusiaan dari Keluarga Buddhayana Indonesia Untuk Korban Kebakaran Pulau Buluh

Cari

Tampilkan Berita

Pulau Buluh, Batam

Bantuan Kemanusiaan dari Keluarga Buddhayana Indonesia Untuk Korban Kebakaran Pulau Buluh

MBI

Jum'at, 15 September 2023

Pemuda Buddhayana, WBI, MBI, Sagin

Pada Kamis pagi, 19 Juli 2023, sekitar pada pukul 05.45 WIB pagi, Puluh Buluh – Batam mengalami musibah kebakaran. Musibah yang terjadi karena korsleting listrik tersebut menyebabkan 9 rumah habis diterkam si jago merah, yang di mana 6 rumah diantaranya adalah milik umat Buddha. Dari peristiwa ini, dengan rasa belasungkawa mendalam seorang ibu tua (63) yang merupakan umat Buddha pun meninggal dunia.







Mendengar berita ini, MBI (Majelis Buddhayana Indonesia) segera koordinasi dgn Ketua Yayasan Vihara Samudra Bhakti Pulau Buluh, Bpk. Sudiman Acia, yang juga Wakil Ketua IV MBI Kepri ikut serta dalam membantu para korban kebakaran mewujudkan kembali rumah mereka dengan membuka penggalangan dana hingga tanggal 2 Agustus 2023. Penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 328.035.652. 
Dana yang dikumpulkan disalurkan kepada para korban musibah kebakaran pada tanggal 19 Agustus 2023. Penyerah ini dihadiri oleh Bpk. Kodo Eko Prayogo (Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kepri), Bpk. Arpin (Lurah Pulau Buluh), YM. Nyanavira Thera (mewakili Sekwil Kepulauan Riau - Sangha Agung Indonesia), Bpk. Candy Mudyta (Ketua MBI Prov. Kepulauan Riau), Ibu Sudiman Acia (Ketua Yayasan Vihara Samudra Bhakti Pulau Buluh), Ibu Yessy Tjiu (mewakili WBI Kepri), dan Ibu Chelyn (mewakili Sekber PMVBI Kepri).










“Saya mewakili warga Pulau Buluh yang mengalami musibah kebakaran mengucapkan terima kasih banyak buat Keluarga Buddhayana Indonesia sudah membantu warga kami. Semoga bantuan ini menjadi bantuan yang terakhir untuk hal musibah seperti ini” ungkap Lurah Pulau Buluh. Ketua MBI Kepulauan Riau, Bpk. Candy Mudyta berharap dengan dana santunan ini dapat meringankan beban penerima bantuan yang terkena musibah kebakaran tersebut. “Dana ini dikumpulkan secara sukarela dari para donator dari berbagai daerah, ada dari Batam, Karimun, Pulau – Pulau di Kepri, Pekanbaru, Jakarta, Surabaya, hingga luar negeri seperti Singapura. Terima kasih kepada semuanya yang telah membantu dalam mengajak umat semuanya dalam berbuat baik. Termasuk Suhu Nekkhamma, Biksu Senior pun turut langsung membantu dalam mengkoordinasi umat.” tambahnya dalam sambutan. Ketua Yayasan Vihara Samudra Bhakti, Bpk. Sudiman Acia mengatakan dana yang dibagikan adalah rasa belas kasih umat Buddha dan simpatisan tanpa memandang suku dan agama. Dana akan dibagikan merata dimana per KK akan dapat Rp 36.448.000 untuk 9 KK. Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kepri, Bpk. Kodo Eko Prayogo dalam sambutannya, mengapresiasi peran dari MBI yang sigap dalam bahu membahu dalam peran kemanusiaan membantu warga yang terkena dampak musibah kebakaran.






“Terima kasih kepada semuanya yang telah membantu keluarga kami. Semoga dimurahkan rezeki, diberikan kembali berlimpah oleh Yang Maha Kuasa.”, ujar salah seorang penerima bantuan. Ucapan terima kasih diiringi doa tulus oleh salah satu korban ini membawa suasana haru dan menghadirkan rasa belakasih penuh kekeluargaan.





Share:

Komentar (1)

Toni

Minggu, 17 September 2023 11:55

Salut atas gerakan kemanusiaan yang dilaksanakan oleh KBI Provinsi Kepulauan Riau.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS